Peristiwa

Wali Kota Tasik Geram Saat Singgung Bantuan Gubernur Rp 121 Miliar


initasik.com, peristiwa | Nada bicara Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, sempat meninggi saat menyinggung soal bantuan gubernur Jabar sebesar Rp 121 miliar yang disebut-sebut dikorupsi.

Di hadapan peserta Seminar Multistakeholders Tasikmalaya 2050: Landasan Kritis Menuju Pembangunan Tasikmalaya yang Berkelanjutan, yang digelar ikatan alumni SMAN 2 Tasikmalaya, di Hotel Santika, Kamis, 6 Juli 2017, ia tidak bisa menyembunyikan kegeramannya.

“Berita yang tidak benar itu sudah menyebar ke mana-mana. Di media sosial juga ramai. Saya hadapi saja. Itu tidak benar. Beritanya asal. Waktu pilkada kemarin juga jadi isu yang heboh. Katanya Mangin (Jalan Mangkubumi-Indihiang) itu dibangun dengan anggaran Rp 121 miliar. Malah ditulis sebagai mega proyek. Dikorupsi,” tuturnya.

Ia menegaskan, berita yang menyebutkan jalan Mangin dibangun dengan biaya Rp 121 miliar adalah dusta. Faktanya bukan begitu. Bantuan gubernur Rp 121 yang dikeluarkan dalam anggaran murni 2013 itu adalah nilai total untuk keseluruhan pembangunan.

“Untuk membangun jalan Mangin Rp 37 miliar, untuk pembebasan lahan bagi penegerian Unsil Rp 30 miliar, dan banyak yang lain-lainnya. Totalnya Rp 121 miliar. Kalau ditulis mega proyek mangin Rp 121 miliar, enak saja itu berita. Saya dituduh korupsi pula. Puguh da asup kana rekening wali kota,” bebernya.

Seharusnya, sambung Budi, masyarakat bersyukur dapat banyak bantuan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Khusus Mangin, total pembangunannya menghabiskan anggaran Rp 90 miliar, tapi dari APBD Kota Tasikmalaya hanya Rp 2,7 miliar. Selebihnya bantuan.

“Tapi dalam berita yang tidak jelas dan tidak mendidik itu ditulis seenaknya. Di media sosial juga ramai. Saya geus teu hayang ngomong. Karep teuing. Asup ti ceuli katuhu, kaluar di ceuli kenca. Bahkan itu sudah ada yang melaporkan sampai KPK dan Kejagung. Silakan. Jigana mun bisa mah dilaporkeun oge ka Gusti Allah. Biarkan saja. Kita hadapi. Yang jelas kabar itu tidak benar,” tandasnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?