Peristiwa

Wali Kota Tasik: Idealnya Harga Sapi di Bawah Rp 100 Ribu

Kota Tasik | Dicabutnya wacana penerapan PPN 10 persen pada daging sapi membuat Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, langsung meninjau para pedagang daging sapi di pasar Cikurubuk, Senin, 25 Januari 2016.

Ia menilai, wacana yang dikeluarkan pemerintah Pusat itu kurang tersosialisasikan kepada para pedagang daging sapi di daerah. Karenanya, ketika wacana tersebut dicabut, hari ini ia langsung meninjau ke lapangan untuk memantau harga daging sapi di pasar. Ternyata harganya sudah turun. Sekarang Rp 115.000 per kg.

Namun, Budi menilai, idealnya harga daging sapi itu di bawah 100.000. Selain tidak memberatkan kepada para pedagang, juga semakin terjangkau oleh konsumen. “Idealnya antara Rp 90 ribu – Rp 95 ribu-lah,” ujarnya.

Menurutnya, sapi – sapi lokal memiliki potensi untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan sapi di daerah. “Sapi-sapi lokal pun banyak, seperti di NTT dan Lampung. Tinggal bagaimana pengaturan regulasi pendistribusian oleh Pemerintah terhadap sapi yang ada di satu daerah untuk membatu memenuhi kebutuhan sapi di daerah lain,” tuturnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sapi di Kota Tasikmalaya, rencananya Budi akan bekerjasama dengan pemerintah daerah lain yang menjadi pemasok sapi lokal, sehingga Kota Tasikmalaya memiliki penyuplai sapi lokal khusus. initasik.com|wrd

Komentari

komentar