Wali Kota Tasik serahkan sapi kurban kepada DKM| Jay/initasik.com
Peristiwa

Wali Kota Tasik Ingatkan untuk Korbankan Sifat-sifat Kebinatangan dalam Diri

initasik.com, peristiwa | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, di era modern ini nilai-nilai peristiwa kurban Nabi Ibrahim sering terlupakan. Masih banyak praktik yang mengarah pada pengorbanan manusia untuk memenuhi ambisi dan kerakusan.

“Hari Raya Kurban harus mampu mengingatkan bahwa yang dikorbankan tidak boleh manusia, tetapi sifat-sifat kebinatangan yang ada dalam diri kita, semacam sifat rakus, ambisi yang tidak terkendali, menindas, menyerang, dan tidak mengenal norma-norma hukum apapun,” tutur Budi dalam sambutan Idul Adha di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jumat, 1 September 2017.

Ia menandaskan, sifat-sifat kebinatangan itulah yang harus dibunuh, ditiadakan dan dijadikan korban demi mencapai kedekatan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Inti dari ibadah kurban adalah mendekatkan diri kepadaNYA serta meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Budi menyebutkan, tahun ini kuota jamaah haji Kota Tasikmalaya meningkat dibandung sebelumnya. Ia mengajak masyarakat untuk mendoakan seluruh jamaah haji agar senantiasa ada dalam keadaan sehat dan kembali ke Tanah Air dengan menjadi haji mabrur.

“Untuk jamaah haji yang wafat, semoga diterima iman islamnya, diampuni segala dosanya, serta keluarga yang ditinggalkan senantiasa ada dalam ketabahan dan kesabaran,” ucapnya.

Usai salat I’d, Budi menyerahkan dua ekor sapi dari Pemkot Tasikmalaya kepada pengurus Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Ia berharap, ibadah kurban tahun ini memberi keberkahan bagi semuanya.

Sekretaris Imaroh Masjid Agung, Tatang Farid, menambahkan, tahun ini Masjid Agung Kota Tasikmalaya akan menyembelih lima ekor sapi. Dua dari Pemkot Tasikmalaya, tiga dari majelis taklim.

“Kita akan menyembelih hewan kurbannya besok Sabtu (2/9). Hasil penyembelihan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid, pondok pesantren, dan panti asuhan. Ada lebih dari seribu kantong yang akan kita sebar,” sebutnya. [Jay]