Peristiwa

Wali Kota Tasik Sarankan Warga “Sekolahkan” Sertifikat Tanah ke Bank

initasik.com, peristiwa | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, menyarankan warga agar “menyekolahkan” alias menjaminkan sertifikat tanah ke bank untuk pinjam uang sebagai modal usaha dan keperluan lainnya.

Ia pun mendorong perbankan untuk mengejar masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikasi gratis. Hal itu disampaikanya saat memberikan sambutan dalam peresmian pembangunan di Kecamatan Cipedes, Selasa, 13 Maret, 2018.

Budi menyebutkan, di Kecamatan Cipedes ada sekitar 8 ribu sertifikat gratis yang didapatkan masyarakat. “Tolong nanti bank, nu 8000 teh kudu apal saha wae. Udag. Saha wae eta datana. Tawisan, bade sakola di abi? Teu nanaon,” tuturnya.

Menurutnya, hal itu dinilai lebih baik ketimbang sertifikat tersebut digadaikan kepada rentenir. “’Menyekolahkan’ sertifikat ke perbankan, besaran pokok serta bunganya jauh lebih ringan daripada rentenir. Rentenir mencekik,” ujarnya.

Terkait penerbitan sertifikat gratis, Budi menargetkan, dalam lima tahun ke depan seluruh pemilik tanah di Kota Tasikmalaya mempunyai sertifikatnya. Namun, kendati digadang-gadang gratis, ternyata ada pungutan biaya.

Saratus limapuluh rebu rupiah tah biayana. Itu katanya untuk 3 buah patok dan 1 materai. Tapi kenyataannya, materainya perlu enam buah. 6 x 6000 saja sudah Rp 36 ribu. Jadi ada kekurangan,” dalihnya. [Eri]