Edukasi

Wali Kota Tasik Usulkan Dua Fakultas Baru di Unsil, Menristek Dikti: Sekarang Era Digital

initasik.com, edukasi | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengusulkan pendirian dua fakultas baru di Universitas Siliwangi, yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

“Kita punya rumah sakit tipe D yang menjadi rujukan wilayah Priangan Tumur. Bahkan kemungkinan ke depan menjadi rumah sakit tipe A. Karenanya kebutuhan tenaga medis, terutama dokter spesialis menjadi sebuah keharusan,” tuturnya saat memberi sambutan dalam peresmian gedung Fakultas Teknik Universitas Siliwang, Senin, 8 Januari 2018.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter, perlu dibuka Fakultas Kedokteran. Di daerah Jabar Selatan, fakultas itu belum ada. “Termasuk Fakultas Seni Rupa dan Desain. Kota Tasik merupakan kota industri kreatif. Kita punya bordir, batik, anyaman, mendong, kelom geulis. Banyak potensi industri kreatif. Ada ribuan UKM. Kita melihat, harus hadir inovasi baru. Hari ini, siapa yang lebih kreatif dan inovatif maka akan menjadi pemenang,” papar Budi.

Merespons usulan tersebut, Menristek Dikti, M. Nasir, usai penandatanganan prasasti Fakultas Teknik Unsil, mengatakan, ia akan mempertimbangkannya. Menurutnya, di era digital ini, pengembangan perguruan tinggi harus bisa menyesuaikan.

Untuk itu, pihaknya sedang membuat regulasi kuliah online. “Sekarang era digital. Sistem pendidikan kita harus e-learning. Permennya saya harapkan selesai tahun ini. Isi permennya adalah perguruan tinggi bisa menyelenggarakan pendidikan melalui e-learning dengan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi,” terang Nasir.

Begitupun dengan Fakultas Kedokteran yang diusulkan wali Kota Tasikmalaya. Nasir menjelaskan, itu bisa dilakukan melalui sistem e-learning, kerja sama dengan perguruan tinggi yang sudah membuka fakultas tersebut. [Jay]