Peristiwa

Warga Bingung Buang Sampah, Sewa Tukang Rongsok

Kabupaten Tasik | Dua minggu lebih tidak diangkut, sampah menumpuk di beberapa titik di Jalan Raya Timur Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Selain menebarkan aroma bau, pemandangan jalan jadi tak elok. Jembatan pun jadi tempat pembuangan sampah sementara.

Kondisi itu disebabkan berlarutnya penyelesaian masalah tempat pembuangan akhir sampah Nangkalea. Pemkab tidak responsif, akhirnya masyarakat luas yang jadi korbannya. Sampai saat ini, warga bingung harus kemana membuang sampah, seperti yang dialami Jafar Zaenal Muttaqin, warga Perum Cikadongdong.

Menurutnya, jika setiap hari dibuang begitu saja tanpa diangkut oleh petugas, itu akan menyebabkan sanitasi lingkungan terganggu dan tumbuhnya bibit-bibit penyakit. Bahkan beberapa waktu lalu ia sampai menyewa tukang rongsok untuk mengangkut sampah-sampah yang ada di daerahnya.

Kepala Dinas Tarkim Kabupaten Tasikmalaya, Nana Heryana, mengatakan akan mengangkut sampah-sampah yang ada di wilayah Singaparna sesuai dengan kapasitas yang ada. “Mau bagaimana lagi, Pak Bupati juga sepertinya belum punya solusi yang tepat, kecuali menunggu pelelangan jalan yang akan dilakukan oleh Dinas Bina Marga pada akhir Januari,” sebutnya. initasik.com|wrd

Komentari

komentar