Informasi

Warga Cikubang Taraju Terganggu Limbah Pabrik Tahu

initasik.com, informasi | Warga Desa Cikubang, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, mengeluh karena air yang bersumber dari salah satu mata air terkena dampak limbah pabrik tahu.

Air yang tadinya jernih, kini menjadi sedikit keruh dan berwarna putih. Seperti yang diungkapkan oleh Rizal (45), warga setempat. Ia khawatir, jeleknya kualitas air terus seperti itu akan berdampak suatu saat kelak. “Ayeunamah moal aya karaosna, ngan sok sieun engke kapayunna,” tandasnya.

Kurnia, warga Kampung Cigolong, menyebutkan, ketika limbah itu dibuang, saluran air di belakang rumahnya tercemar. “Pami tos miceun limbah teh cai sok bau, kana cai teh kiruh bodas,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, jika biasanya ia sering mengambil di mata air sekitaran sawah, kini terpaksa harus pindah tempat. Saat ditanya soal sikap warga, Kurnia menyebutkan, selama ini masyarakat hanya melakukan sebatas teguran kepada pemilik pabrik agar pabrik tersebut tidak membuang limbah tahu ke daerah sungai yang mengaliri perumahan warga. Namun, sampai sekarang itu tidak digubris. [Dan]

Komentari

komentar