Informasi

Warga Cintaraja Keluarkan Uang Rp 1,5 Juta Buat Patung Zohri

initasik.com, informasi | Memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, warga Cintaraja, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, membuat patung Lalu Muhammad Zohri, juara dunia dalam lari U-20 100 meter di Finlandia. “Zohri” tidak sendirian. Ia ditemani seorang wartawati televisi.

Patung itu merupakan karya Aam (60), dibantu warga sekitar rumahnya di Kampung Baturuyuk, Desa Cintaraja. “Setiap tahun temanya beda-beda, kemarin bikin patung polisi, terus sekarang bikin patung Zohri,” kata Aam saat ditemui dirumahnya, Rabu, 15 Agustus 2018.

Menurutnya, sosok Lalu Muhammad Zohri dipilih lantaran saat ini namanya sedang harum di dunia olahraga, terutama setelah ia meraih gelar juara dunia. Patung tersebut dibuat selama kurang lebih tiga minggu secara bergotong royong. “Yang susah itu membentuk rangka dari batang pohon jambu, misalnya membuat tangan, terlebih dahulu harus dikupas kulit luarnya”, kata Aam.

Untuk urusan aksesories pendukung, kedua patung ini menggunakan pakaian asli, mulai dari kaos, jaket, celana, sepatu, sarung tangan, bendera, bahkan topeng dan wig ikut digunakan sebagai riasan wajah supaya lebih terlihat nyata. Untuk membuat kedua patung itu menghabiskan dana sampai Rp 1,5 juta.

Aam mengaku senang karyanya disukai banyak orang. Bahkan ada pengendara yang sengaja turun dari mobilnya hanya untuk foto-foto. Rencananya, patung Zohri itu akan dipamerkan selama satu minggu ke depan.

Ketua RT13/RW03 Kampung Baturuyuk, Ika Mudrikah, mengatakan, agenda tahunan warga membuat patung dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan sudah berlangsung selama kurang lebih empat tahun. Sumber dana yang digunakan berasal dari hasil swadaya masyarakat sekitar. Udunan seikhlasnya. [Eri]