Peristiwa

Warga Gunung Cariu Kota Tasik Bertahap Terapkan Syariat Islam

initasik.com, peristiwa | “Anda memasuki Kampung Gunung Cariu yang sedang belajar mengamalkan ajaran Islam. Mohon berpakaian sopan dan menutup aurat dengan sempurna.”

Imbauan itu tertulis jelas dalam plang gapura pintu masuk Gunung Cariu, Kelurahan Cibunigeulis, Kota Tasikmalaya. Sebagai salah satu implementasi dari komitmen itu adalah di daerah ini warga tidak merokok.

Agus Sulaeman, tokoh masyarakat, mengatakan, kebiasaan warganya untuk tidak merokok itu sudah dilakukan selama kurang lebih dua tahun silam. “Kita sudah mendeklarasikan hal itu,” ujar Agus saat ditemui di kediamannya, Selasa, 28 Agustus 2018.

Ia menjelaskan, ajakan kepada warga agar berhenti merokok dilakukan melalui pendekatan keagamaan. Menurutnya, merokok merupakan suatu kebiasaan yang mubazir, dan itu perbuatan setan.

“Merokok juga tidak sejalan dengan syariat Islam. Menghisap rokok berarti membiarkan diri untuk menuju kebinasaan, karena dalam rokok mengandung ribuan zat berbahaya. Dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 195 dijelaskan bahwa kita tidak boleh menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan,” bebernya.

Selain antirokok, warga di sini diajak untuk berpakaian yang menutup aurat. Agus menegaskan, sudah muslimah menutupi auratnya dengan sempurna. “Kita ingin belajar menegakkan syariat Islam dengan berawal dari hal-hal yang dipandang sepele,” tandasnya.

Iin, warga, mengaku sudah berhenti merokok sejak 2016. “Kalau masalah aurat sebetulnya tak usah diingatkan lagi. Harus sudah menjadi kesadaran diri masing-masing,” ucapnya. [Eri]