Sosial Politik

Warga Manonjaya berharap Fungi Statsiun Dikembalikan

initasik.com, sospol | Stasiun Kereta Api Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, sejak lama sudah tidak difungsikan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Stasiun kelas 3 itu kini hanya digunakan untuk kegiatan operasional persilangan dan penyusulan.

Nuryadi, petugas PT KAI yang berjaga di stasiun Manonjaya, mengatakan, sejak lama stasiun tersebut sudah tidak lagi digunakan untuk naik-turun penumpang. “Semua stasiun kelas 3 sekarang tidak melayani naik-turun penumpang. Pelayanan hanya dilakukan di stasiun kelas 2,” sebutnya.

Kondisi stasiun sendiri sebenarnya masih layak dan terawat. Walaupun kecil dan tidak sebesar stasiun Kota Tasikmalaya, tapi cukup tertata rapi. Akses menuju stasiun juga cukup mudah dan beraspal mulus.  Ruang tunggu penumpang masih ada, hanya diberi pagar supaya tidak ada orang masuk ke sana.

Warga berharap fungsi stasiun dikembalikan seperti dulu, yaitu menjadi tempat untuk naik dan turunnya penumpang. Seperti dikatakan Sumirah, warga sekitar stasiun yang mengaku dulu sering naik kereta api di stasiun tersebut. “Lebih mudah kalau bepergian. Dulu kalau mau ke Bandung biasanya naik di sini,” akunya.

Rendi, warga lain, berpendapat, apabila stasiun ramai akan membantu perekonomian masyarakat. “Ada yang bisa berjualan, sewa tempat tinggal, penitipan kendaraan dan banyak hal seperti yang dilakukan warga di sekitar stasiun pada biasanya,” ujarnya. [Ilyas]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?