Peristiwa

Warga Tamansari Kesulitan Air Bersih

initasik.com, peristiwa | Warga Tamansari, Kota Tasikmalaya, sudah kesulitan mendapatkan air bersih. Biasanya, mereka memanfaatkan air yang berasal dari sungai sekitar, namun sekarang airnya tidak ada, seiring masuknya musim kemarau.

Nana, warga Kampung Ciatal, Kecamatan Tamansari, mengatakan, kesulitan mendapatkan air bersih itu sudah dialaminya sejak lama. Di musim kemarau, biasanya Nana mengambil air ke sungai Ciatal, tapi kini ia memilih menggali sumur, meski harus mengeluarkan uang jutaan rupiah. “Sudah 5 hari menggali sumur. Baru tujuh meter, tapi masih belum ada airnya,” sebutnya, Jumat, 27 Juli 2018.

Enah, warga lainnya, mengaku, apabila musim kemarau tiba, ia selalu menggunakan air galon isi ulang untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari, termasuk untuk mandi dan mencuci pakaian. Ia berharap segera ada saluran PDAM masuk daerahnya, sehingga di saat kemarau tidak kesulitan mendapatkan air bersih.

Mengeringnya sumber air di daerah tersebut juga berimbas pada persawahan. Ratusan meter sawah miliki Enah dan warga lainnya belum bisa kembali ditanami padi. Kering. [Eri]