Informasi

Waspada Diare di Pergantian Musim

initasik.com, informasi | Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani, mengingatkan, dalam pergantian dari kemarau ke musim hujan masyarakat mesti mewaspadai diare dan penyakit kulit. Di masa peralihan cuaca, biasanya banyak virus dan bakteri yang bertebaran.

Ia menyarankan agar masyarakat senantiasa melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama dalam hal yang berkaitan dengan pengelolaan air bersih dan makanan yang dibeli di luar rumah.

Dadan mengaku, pihaknya sudah gencar melakukan sosialisasi pola hidup sehat kepada masyarakat melalui seluruh Puskesmas. Dalam sosialisasi itu masyarakat diberikan pengetahuan tentang tata cara menjaga lingkungan agar tidak berpotensi mengundang berbagai macam penyakit, terlebih saat menjelang musim hujan.

“Alhamdulillah, di tahun kemarin juga kita yang terkena penyakit saat peralihan cuaca sangat sedikit. Artinya masyarakat bisa mengerti melalui sosialisasi-sosialisasi yang selama ini terus kita lakukan,” tandasnya. [Eri]