Peristiwa

Yayasan Setara Pertanyakan Komitmen Pemkot Tasik Penuhi Kebutuhan Darah


initasik.com, peristiwa | Ketua Yayasan Setetes Darah Sejuta Harapan (Setara), Bayhaqi Umar, mempertanyakan komitmen Pemkot Tasikmalaya dalam mengatasi masalah kebutuhan darah.

Menurutnya, sampai saat ini perhatian dalam hal itu masih sangat minim dan terkesan diam. “Kebutuhan darah di setiap daerah sudah semestinya menjadi tanggung jawab pemerintah. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 7 tahun 2011,” sebutnya saat ditemui di sela donor darah di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Tasikmalaya, Rabu, 7 Maret 2018.

Sejauh ini, sambungnya, pihaknya belum melihat peran serta pemerintah daerah yang signifikan. “Padahal untuk acara donorpun seharusnya mereka yang memfasilitasi. Kami di sini hanya bisa berbuat sedikit dengan segala keterbatasan,” terangnya.

Di samping partisipasi masyarakat akan donor darah yang terus meningkat, menurutnya peran serta pemerintah harus bisa lebih optimal. Itu penting agar kebutuhan darah di Kota Tasikmalaya bisa terpenuhi.

Ia mencontohkan, salah satu upaya pemerintah yang diharapkanya adalah membantu gerakan sosialisasi pentingnya donor darah bagi pemula, seperti ke tiap sekolah. “Kita bisa melakukan hal itu, tapi kita terbatas. Setidaknya dalam hal sosialisasi itu kita memerlukam tenaga ahli yang benar-benar profesional. Tentang cara donor darah yang baik, manfaat donor darah, dan pentingnya donor bagi para pemula. Tapi sayang, sampai sejauh ini, gerakan itu masih belum terlaksana,” bebernya. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?