Birokrasi

Yusuf Dukung Rencana Bersepeda ke Kantor

initasik.com, birokrasi | Wakil Wali Kota Tasikmalaya, M. Yusuf, mendukung ide Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, yang berencana membuat program sehari bersepeda bagi para PNS di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.

Menurutnya, sehari dalam sepekan para PNS baiknya membiasakan pakai sepeda dalam berangkat kerja. “Itu bagus untuk dilaksanakan. Berangkat kerja sambil olahraga. Saya juga merasakan sering dulu bersepeda, sampai ke Singaparna, ke Cigalontang. Bersepeda itu olahraga yang murah, tapi sehat buat jantung,” tuturnya usai menghadiri Fun Bike Tasikmalaya-Pangandaran yang dipusatkan dekat tugu Asmaul Husna, Sabtu, 30 Desember 2017.

Kendati begitu, ia menegaskan, program tersebut mesti direncanakan dengan matang. Jangan sampai menjadi masalaha baru, karena lalu lintas di Kota Tasikmalaya sudah terbilang ramai, sementara jalannya banyak yang kurang lebar.

“Harus ada kajian dulu, tentang keadaan lalu lintas. Ini harus ditata betul, sehingga orang yang bersepeda bisa merasa nyaman,” tandasnya.

Hal lain yang juga menjadi program Pemkot Tasikmalaya adalah pengadaan fasilitas untuk kaum disabilitas. Yusuf mengatakan, perhatian kepada mereka masih kurang. Sekarang ini baru di trotoar, itupun terhalang lapak pedagang kaki lima.

“Saya belum pernah melihat di kantor-kantor dinas ada sarana khusus untuk penyandang disabilitas. Itu harus dibuat, sehingga para penyandang disabilitas bisa nyaman masuk ke kantor-kantor,” paparnya.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, pemkot akan berkoordinasi dengan unsur-unsur terkait. “Saya ngga tahu waktu yang pastinya kapan. Saya serahkan semuanya ke pak wali. Ia rencananya akan mengkaji dengan seluruh unsur,” imbuh Yusuf. [Dan]